AdSense

Selasa, 12 Agustus 2008

PERJALANAN KARIR SANG TYREMAN

14 September 1999 adalah awal pertama saya berkenalan secara resmi dengan dunia tyre, yakni ketika diterima di perusahaan tempat saya bekerja sekarang PT. Pamapersada Nusantara. Ketika itu saya dapat informasi lowongan kerja di harian KOMPAS. Sebenarnya posisi yang saya minati saat itu adalah di bagian MECHANICAL MAINTENANCE, tetapi dalam proses seleksi saya ditawari posisi TYRE TECHNICIAN dengan alasan untuk posisi yang saya minati dibutuhkan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang sama dimana dalam hal ini saya belum punya. Karena keinginan yang besar untuk dapat segera bekerja, setelah sempat “menganggur” setahun lebih, jadi lah saya bekerja di sini, lagi pula bidang pertambangan merupakan salah satu bidang yang saya favoritkan, meskipun “hanya” mengurusi tyre. Sengaja saya beri tanda kutip karena ternyata di kemudian hari saya menyadari bahwa permasalahan di tyre itu tidak se sederhana yang saya bayangkan sebelumnya.

Setelah menjalani masa orientasi selama 3 hari di Head Office (di daerah kawasan Industri Pulogadung), saya di tugaskan ke jobsite pertama saya di salah salah satu client PT PAMA yakni PT. ADARO INDONESIA yang berlokasi Tanjung, kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Proyek ini adalah salah satu proyek penambangan batu bara yang terbesar di Indonesia. Disini saya menyelesaikan masa orientasi saya sampai Juli 2000. Disini pula lah saya berkenalan dengan alat alat berat yang biasa dipakai di dunia pertambangan, seperti Komatsu HD785, Volvo FH16 dan Kenworth dimana saya harus mengurusi tyre nya.

Kemudian saya di tugaskan di jobsite Petangis, yang berlokasi di desa Petangis, kecamatan Tanjung Aru, kabupaten Pasir, Kalimantan Timur. Nama perusahaan yang menjadi client kami adalah PT. BHP Kendilo Coal Indonesia. Walaupun secara luas area maupun populasi unit paling kecil yang pernah saya jalani, namun merupakan jobsite yang paling menyenangkan bagi saya. Di jobsite ini saya menjalani tugas sampai tahun 2003, karena cadangan batubara sudah habis.

Dari Petangis, kemudian saya di pindah tugaskan ke jobsite Kideco (nama client PT. KIDECO JAYA AGUNG), masih di kabupaten yang sama, dan nama desanya adalah Batu Kajang, kecamatan Batu Sopang. Di sini pertama kali bertemu dengan dump truck yang terbesar yang pernah dimiliki PT PAMA (sampai saat ini) yaitu HAULPAK 730E dengan kapasitas angkut 200 ton, dengan ukuran diameter tyre nya sekitar 3.3 meter.

Dua tahun lebih saya di jobsite Kideco, Desember 2005 kembali saya di mutasi. Kali ini saya ditugaskan di kota Sangata, kabupaten Kutai Timur, masih di provinsi Kalimantan Timur. Nama client kami adalah PT. Kaltim Prima Coal. Di jobsite ini saya mengakhiri masa lajang, yakni pada tanggal 11 Maret 2006 dan memiliki seorang putra pada tanggal 10 Desember 2006.

Tidak sampai 1 tahun, pada 1 Juli 2007 kembali saya menjalani mutasi ke kota Bontang, kurang lebih 65 km dari kota Sangata. Nama client kami kali ini adalah PT. Indominco Mandiri. Bontang adalah kota yang paling menarik dan paling ramai dibandingkan tempat saya bertugas sebelum sebelumnya. Namun merupakan tempat paling jauh menuju lokasi kerja yaitu berjarak kira kira 30 km.
Sampai saat ini saya masih bertugas di Bontang, masih di perusahaan yang sama, dan masih di bidang yang sama, yaitu TYRE alias BAN.

18 komentar:

Yanstyre35 mengatakan...

Perjalanan karir anda cukup mengesankn bagi saya,tapi saya penasaran apakah anda pernah di jobsite PAMA Pasar Panas?soalnya saya TyreMan disana sejak th 2000,bila anda pernah dengar eksiden th 2001 sebuah perahu sampan nancap di unit,sayalah korbanya.salam kenal dari Sy Tyreman PSPN.

Anonim mengatakan...

Halo bung Yans, saya bertugas di Pasar Panas Sept99 s/d Jul00, sayang sekali saya tidak mengetahui accident tsb.

Anonim mengatakan...

waw, senior PAMA. :)

Unknown mengatakan...

Saya mo tanya tugas sehari - hari seorang tyreman itu apa saja, tolong dijelaskan secara sederhana!

Anonim mengatakan...

Tolong jelaskan tugas sehari hari dri tyreman

Unknown mengatakan...

Maaf saya bertanya tugas penting tyre man trimakasih 🙏

ANDY mengatakan...

apa yang mau di tanyakan mas? mungkin saya bisa bantu

Unknown mengatakan...

Ass...mas mf sya mau nanya pengalaman sya cma helper welder kalo mau nglmar tyreman bsa kh mas umur udh 34 tahun tolong pencerahan ya mas trims slm sukses selalu

Unknown mengatakan...

apakah tugas seorang tyreman sebagai pengganti ban kah?

Unknown mengatakan...

Lebih dari sek2dar gonta ganti ban, seorang tyreman itu juga harus mampu menganalisa apasaja masalah dari ban berikut cara mengatasinya.

Unknown mengatakan...

Boleh nanya ngk ? Apa maksudnya unisteel pada ban goodyears dan V-steel pada bridgestone ?

Unknown mengatakan...

Apakah wanita bisa sebagai tyreman

Unknown mengatakan...

Saya sudah menjadi tyreman sekitar 13 Thun hanya saja unit yg saya tangani Volvo dan Hino dengan ukuran tyre 12R 24....cukup berat dan beresiko menjadi seorang tyreman.tapi itulah profesi kita. Semangat tyreman...💪💪💪

Unknown mengatakan...

Klo ada lowongan jadi tyreman di tambang saya mau...bisa call saya di 0853-7889-4917/0823-8225-8839

Unknown mengatakan...

Mas Andy bantu saya Carikan loker tyreman ya..🙏🙏

Unknown mengatakan...

Good job, saya juga tyreman di tenggarong seberang KALTIM, tepatnya di PT. PCP

Makemoney mengatakan...

Bang mau tanya tentang area kerja tyre . Karena saya dapat panggilan kerja di pama untuk memahaminya di bidang tyre . Tolong di bantu bang . WA : 083812514784

Makemoney mengatakan...

Tolong dong di bantu Abang Abang yang berpengalaman bekerja di tyre . Saya ada panggilan kerja di pama untuk bekerja di tyre . Dan saya belum memahaminya . Bagi yang mau share . Hub : WA : 083812514784